Palu- Pemkab Banggai dan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah membangun kerja sama di bidang pendidikan dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) daerah.

“Kami menilai pentingnya sinergitas pemerintah daerah (pemda) dan perguruan tinggi, baik yang berada di Banggai maupun di Kota Palu daerah lainnya untuk membangun SDM daerah ke arah lebih baik ke depan,” kata Bupati Banggai Amirudin Tamureka dalam keterangan tertulisnya diterima di Palu, Selasa (28/5/2024).

Baca juga: UIN Datokarama kembangkan prodi menuju akreditas unggul

Menurut dia setiap universitas yang datang melakukan penelitian di kabupaten itu wajib menggandeng universitas yang ada di Banggai, ini penting untuk transfer pengetahuan kepada dosen-dosen di Banggai dalam pengembangan daerah ke depan.

Penandatanganan perjanjian Kerja sama (PKS) antara kedua belah pihak dilakukan pada Senin (27/5) di Palu.

Baca juga: UIN latih kemampuan kepemimpinan penerima KIP Kuliah

Ia juga menyampaikan harapannya terhadap UIN dapat mengirim lebih banyak mahasiswa melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kabupaten tersebut.

“Kami berkomitmen mengalokasikan anggaran yang ada di kecamatan sebesar Rp5 miliar untuk mendukung kegiatan mahasiswa, termasuk KKN melakukan pengabdian kepada masyarakat,” ucapnya.

Baca juga: Kanim Banggai komitmen tingkatkan layanan keimigrasian lewat Simkim

Rektor UIN Datokarama Palu Prof Lukman S Thahir di Palu mengemukakan adapun ruang lingkup kerja sama dibangun yakni pengembangan pendidikan dan ilmu pengetahuan guna membangun SDM unggul, kemudian pengabdian masyarakat sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pembangunan daerah.

Meningkatkan kerjasama dalam pengembangan riset dan pengkajian serta inovasi penelitian disektor pembangunan, mewujudkan pemerataan yang berkeadilan dalam memperoleh pendidikan tinggi, bermutu dan relevan dengan kepentingan masyarakat dengan memperhatikan aspek demografi serta geografis daerah setempat.

Baca juga: Petani milenial Sulteng dilatih kembangkan komoditas pertanian

“Kami terus mengoptimalkan kontribusi terhadap pembangunan daerah berkelanjutan,” kata dia.

Ia menambahkan pada bidang riset pihaknya juga siap membantu pengkajian dalam pembentukan produk hukum daerah sesuai kebutuhan, peningkatan program pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan pengembangan Pendidikan Profesi Guru (PPG). (Wan)

Baca juga: Peluncuran agrowisata durian, tutup kunker gubernur di Parimo